Kendala Pasca Panen Padi (Pengeringan)

Seperti pada postingan sebelumnya tentang 5 Alasan Harga Panen Padi Murah dimana salah satu kendala dalam bertani adalah pengolahan pasca panen. seperti pada musim penghujan saat ini, matahari yang tiap harinya lebih sering tertutup mendung. Tentu untuk mengeringkan Padi hasil panen butuh waktu ekstra dan tenaga ekstra yang berarti biaya ekstra.

Sebagai gambaran, untuk mengeringkan 1 ton padi dari kondisi Kering Panen sampai Kering Giling diperlukan lantai pengering seluas 80 meter persegi dengan waktu penjemuran kurang lebih 10 jam dan diperlukan pembalikan gabah tiap satu jam untuk membantu proses pengeringan.
Tentu bisa dibayangkan jika kondisi awal gabah lebih basah, lantai pengering lebih sempit dan matahari enggan bersinar tentu waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Dan berita gembiranya tidak semua petani memiliki lantai pengering yang memadai'

Sebenarnya beberapa hal telah dilakukan petani agar kerugian yang diakibatkan kurang maksimalnya proses pengeringan bisa diminimalisir ;
  1. Menjemur di Jalan aspal; Ini solusi mudah bagi petani yang tidak memiliki lantai pengering sendiri. mengganggu lalulintas? mungkin, tapi selama ini belum ada keluhan yang disebabkan penggunaan jalan untuk menjemur gabah.
  2. Memulai panen lebih siang, tujuan memulai panen setelah matahari bersinar adalah embun atau air yang ada di padi bisa berkurang. Tentu hal ini bukan hal yang mudah karena kebanyakan pekerja akan memulai pekerjaannya sepagi mungkin agar memanen padi lebih banyak.
Permasalahan yang terjadi saat pasca panen, bukanlah hal baru tetapi permasalahan klasik yang tidak pernah ada niat untuk dicari solusinya. Dan pola pikir petani sendirilah yang menghambat proses penyerapan teknologi terbaru dibidang pertanian. Ketika negara lain sudah memiliki pusat pengeringan padi dengan bantuan mesin, sementara bagi petani kita (contohnya saya), mengeringkan padi dengan mesin masih dalam daftar tunggu untuk dihayalkan.

proses pengeringan padi tradisional
Seperti gambar diatas, merupakan proses pengeringan padi yang mengandalkan panas matahari, yang merupakan metode warisan leluhur, sedangkan gambar dibawah adalah pusat pengeringan padi yang diambil dari situs http://www.fftc.agnet.org

mesin pengering padi

Advertisement
Kendala Pasca Panen Padi (Pengeringan)