Tips Memilih Traktor yang Ideal Untuk Pertanian

Setelah mengetahui Jenis jenis Traktor untuk usaha pertanian, lalu bagaimana kita menentukan traktor mana yang harus kita pilih untuk menjalankan usaha pertanian kita?

Untuk menentukan traktor mana yang kita pilih, salain besaran anggaran dana, yang tak kalah penting adalah kondisi lahan dimana traktor tersebut akan digunakan. 
Untuk lahan pertanian di dataran rendah, pemilihan traktor sejenis G 1000 menjadi pilihan yang tepat selain harganya yang lebih murah konsumsi bahan bakarnya lebih irit jika dibanding dengan yang tipe Rotary.  Dan karena bentuknya yang simple traktor jenis ini sangat mudah untuk pindah antar lahan. Sedangkan kelemahannya adalah jika lahan pertaniannya agak berlumpur dan ada sisa jerami di lahan tersebut, bisa dipastikan alat bajaknya akan mudah tersangkut.

Pilihan kedua adalah Traktor jenis Rotary, traktor yang didesain untuk segala medan. Bisa digunakan untuk olah tanah lahan padi, membuat Guludan untuk tanaman jagung, atau membuat bedegan untuk tanam kacang. Sedangkan kelemahan traktor jenis ini adalah Konsumsi BBM yang lebih banyak, butuh mesin diesel kualitas terbaik karena tingginya putaran mesin (traktor Merk Quick). Dengan desainnya yang berat traktor ini sedikit mengalami kesulitan untuk pindah antar lahan pertanian. Bahkan untuk lahan yang sangat berlumpur, traktor ini cenderung mudah terbenam dalam lumpur.
memilih traktor pertanian

Dari sedikit gambaran diatas tentu kita bisa memilih traktor mana yang ideal untuk lahan pertanian kita.
Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment