Manfaat Tanam Padi Serentak

Pasti sebagian besar petani sudah paham terhadap manfaat Tanam  Serentak, dalam hal ini pada tanaman padi. Ada beberapa manfaat dengan melakukan Pola Tanam Padi Serentak diantarannya :
  1. Pola tanam serentak memiliki manfaat untuk memutus siklus hidup hama.Jika diimbangi dengan pengendalian hama yang serentak maka rasio keberhasilan menekan populasi hama akan lebih tinggi. atau jika dipandang dari sisi negatif jikalaupun hama tidak bisa dikendalikan maka kita tidak sendirian menanggung kerugian.
  2. Selanjutnya adalah masalah irigasi, jika usia tanaman sama maka kebutuhan air akan sama.( Hal ini berlaku untuk lahan yang menggunakan pengairan dari saluran irigasi dan irigasinya kurang bagus). jika usia padi tidak sama maka kebutuhan air tidak sama hal inilah yang biasanya memicu konflik antar petani, karena ada petani yang butuh air dan ada petani yang padinya hampir mati karena kebanyakan air. Tentu hal ini tidaka akan terjadi jika pola tanam padinya serentak.
  3. Ini hal yang mungkin hanya terjadi di wilayah saya, adakalanya benih yang kita semai tidak tumbuh maksimal karena beberapa alasan. Maka jika dalam suatu wilayah itu masa tanam padinya serentak tentu akan sangat mudah memperoleh bibit padi sisa, gratis tinggal tanam dan tentu saja BIBIT UNGGUL
Tapi dengan segala manfaat itu sampai saat ini petani masih sulit diajak melakukan pola tanam padi serentak?
Hal ini tidak lepas dari pola pemasaran hasil panen yang masih mengandalkan tengkulak, ketika panen raya disuatu daerah sedang berlangsung maka harga komoditas tersebut pasti naik turun seperti jalanan di pegunungan, harga tinggi di awal panen dan selanjutnya banyak turunnya. Sehingga untuk memperoleh harga terbaik petani berlomba untuk dapat panen paling awal.

Selain itu keterbatasan tenaga kerja dibidang pertanian juga menghambat dilaksanakan pola tanam padi serentak.
tanam padi serentak

Jadi iming-iming mudahnya pengairan, pengendalian hama dan "Bibit Unggul" gratis tidak terlalu menggoda dibandingkan dengan tawaran harga tinggi bagi yang panen awal.

Mungkin jika kelak jalur pemasaran sudah dibenahi, harga komoditas hasil panen bisa lebih stabil dan petanipun dengan sendirinya mau menerapkan pola tanam padi serentak.

No comments:

Post a Comment