Cara Terbaru Mengendalikan Hama Burung Pada Tanaman Padi

mengendalikan hama burung pada tanaman padi
JIka petani China menggunakan kaset CD untuk mengusir hama burung pada tanaman padi, maka beda dengan petani di Desa Ngadirejo. Petani di desa Ngadirejo, sebuah desa di Kabupaten Nganjuk memiliki Cara Terbaru Mengendalikan Hama Burung Pada Tanaman Padi. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa burung merupakan salah satu hama yang paling menggangu selama proses budidaya tanaman padi, jika dibiarkan resiko kerugian akibat hama burung ini bisa mencapai 60 %. (pengalaman pribadi). saat itu padi yang saya tanam lebih cepat berbuah dibanding padi disekitarnya maka otomatis seluruh burung terkonsentrasi di lahan tanaman padi saya.

Hal serupa juga dialami petani lain, terutama karena beberapa tahun terakhir petani desa Ngadirejo mulai membudidayakan padi pada musim tanam ketiga (antara bulan September sampai november) dan saat itu hampir tak ada tanaman padi di wilayah lain. bisa dibayangkan berapa banyak burung yang datang mencari makan di lahan tanaman padi kami.

Sebelum menggunakan Cara Terbaru Mengendalikan Hama Burung Pada Tanaman Padi, petani desa Ngadirejo juga menggunakan cara tradisional untuk mengusir hama burung yaitu dengan menggunakan buni-bunyian. Tapi cara itu tidak efektif jika serangan bukan hanya ratusan burung tapi ribuan. selain bunyi-bunyian pernah petani desa Ngadirejo menggunakan jasa penangkap Hama Burung. cara kerjanya adalah sebuah jaring dibentangkan vertikal sepamjang lahan tanaman padi, jika gerombolan burung sudah berkumpul di lahan dan menikmati sedapnya padi yang baru berisi si penangkap Burung menggunakan sejenis peluit yang bisa menirukan suara burung Predator, kontan saja para burung yang lagi menikmati makan pagi terbang berhamburan tanpa sempat berpikir dan terjebaklah mereka di jaring yang sudah dipasang.

Hanya saja cara ini tidak bertahan lama, karena masalah muncul ketika burung yang tertangkap jumlahnya ribuan, ada yang dengan teganya mengeleminasi burung-burung tersebut. 

Akhirnya dengan tetap menggunakan jaring yang sama, tapi kali ini jaring dibentangkan diseluruh lahan untuk menutupi tanaman padi, Cara Terbaru Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi ini lebih efisien karena begitu dipasang tidak perlu lagi ada penunggu, dan tidak burung yang ditangkap maka lebih ramah lingkungan dan tidak perlu mengeleminasi burung, hanya satu masalah nya jika menggunakan Cara Terbaru Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi, setelah jaring terpasang maka perawatan padi akan sulit karena tertutup jaring. jadi pastikan terapakan Pengelolaan Tanaman Terpadu untuk meminimalisir hama lain.

Alat dan bahan untuk menerapkan Cara Terbaru Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi:
  • Jaring nylon yang belinya di toko alat pancing, dengan harga Rp 20.000 untuk ukuran 2x20 meter pada tahun 2013
  • tiang kecil sebagai penyangga
  • tali


Mungkin pada awalnya biaya yang dikeluarkan sangat besar, pada tahun 2013 saja perhektar dibutuhkan dana kurang lebih Rp.6.000.000 sudah termasuk biaya pasang. Tapi jika perawatan jaringnya baik maka bisa berumur lebih dari 4 Tahun, tentu pada akhirnya biaya yang dikeluarkan untuk mengendalikan hama burung Jauh lebih murah.

Demikian Cara Terbaru Mengendalikan Hama Burung Pada Tanaman Padi. semoga bermanfaat.
Advertisement
Cara Terbaru Mengendalikan Hama Burung Pada Tanaman Padi