Manfaat Pohon Cangkring


Setelah merasa badan pegal-pegal selama tiga hari, sebelumnya aku anggap kecapean biasa. karena beberapa hari ini intensitas internetanku agak meningkat :). Tepat pagi hari keempat, aku terbangun dengan satu bintik memerah di dahi yang rasanya sedikit sakit, dan sorenya bintik kecil itu ada airnya. iseng aku pencet aja sampai pecah. Anehnya setelah pecah kok gak segera kering dan keesokan paginya puluhan bintik kecil berair muncul lebih banyak. Baru sadar "aku kena Cacar Air!!"

Tak perlu menunggu lama aku langsung ke Dokter dan hasilnya aku libur mandi selama 1 minggu. Dua hari minum obat dari Dokter bintiknya masih aja muncul meski tidak sebesar sebelumnya.  Sorenya Ayahku bawa daun penuh duri kecil, katanya daun Cangkring. daun yang dipercaya bisa mengobati cacar air. Pohon cangkring atau dadap yang memiliki nama latin
Erythrina variegata  memiliki pohon yang berukuran sedang, mencapai tinggi 15–20 m dan gemang 50–60 cm. Bagian kulit batang yang masih muda dan halus bergaris-garis vertikal hijau, abu-abu, coklat muda atau keputihan; batang biasanya dengan duri-duri tempel kecil (1–2 mm) yang berwarna hitam. Tajuknya serupa payung atau membulat renggang, menggugurkan daun di musim kemarau.
Daun-daun dadap yang muda dapat digunakan sebagai sayuran. Daun-daun ini berkhasiat membanyakkan susu ibu, membuat tidur lebih nyenyak, dan bersama dengan bunganya untuk melancarkan haid. Cairan sari daun yang dicampur madu diminum untuk mengobati cacingan; sari daun dadap yang dicampur minyak jarak (kasteroli) digunakan untuk menyembuhkan disentri. Daun dadap yang dipanaskan digunakan sebagai tapal untuk meringankan rematik. Pepagan (kulit batang) dadap memiliki khasiat sebagai pencahar, peluruh kencing dan pengencer dahak. Bijinya agaknya beracun.


Namun demikian, laporan terbaru pada tahun 1980-an menunjukkan di mana daun, batang, buah, dan akar dadap mengandung racun yang bernama asam hidrosianida. Racun yang lainnya yang ditemukan adalah eritrina. Dalam bijinya, ditemukan alkaloid eritralin dan hipaforin. Dalam sebuah tes pada seekor kodok, ditemukan kodok tersebut menjadi sangat aktif dan banyak bergerak. Namun, dalam salah satu turunannya (derivative-nya), apabila terminum dalam dosis yang banyak, dapat menyebabkan kelumpuhan. 


Memiliki kandungan protein (dan nitrogen) yang tinggi, daun-daun dadap juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau untuk pupuk hijau. Sebatang pohon dadap yang berukuran sedang, yang dipangkas 3-4 kali setahun, dapat menghasilkan 15-50 kg hijauan pakan ternak dalam setahunnya. Sejauh ini, daun-daun dadap diketahui tidak bersifat racun (toksik) bagi ternak ruminansia. Perakaran dadap bersimbiosis dengan bakteri Bradyrhizobium mengikat nitrogen dari udara, dan meningkatkan kesuburan tanah. Namun demikian, dadap dapat digunakan sebagai pemberantas serangga
Setelah dua kali mandi dengan rebusan daun cangkring bintik berisi air langsung pecah dan mulai mengering dan tidak ada bintik baru, tapi sayang bintik pertama yang di dahi, yang aku pencet sampai sekarang meninggalkan bekas. Dari keterangan yang kuambil dari wikipedia diatas, ternyata pohon cangkring juga memilki manfaat lebih untuk pertanian.  Hanya saja belum dikembangkan, atau memang petani sekarang inginnya hal yang praktis jadi pertanian yang berbasis kearifan lokal atau istilah kerennya Pertanian Organik memang belum menarik dijadikan gaya bertani petani di sekitarku.

manfaat Pohon Cankring

 sumber:wikipedia


No comments:

Post a Comment