Manfaat Abu Vulkanis Bagi Pertanian


abu vulkanis gunung kelud
Letusan Gunung Kelud yang baru saja terjadi, mengakibatkan hampir separuh pulau jawa tertutup abu vulkanis, tidak terkecuali kota  Nganjuk. Beruntungnya meski, letak kota Nganjuk cukup dekat dengan gunung kelud ternyata jumlah abu vulkanis yang sampai di kota Nganjuk relatif sedikit, jika dibanding dengan kota lain yang lebih jauh.

Meski kandungan abu vulanis gunung Kelud masih diteliti, tapi secara umum kandungan Abu vulkanik Yang paling dominan adalah silika, aluminium, kalsium, dan besi. Jadi meski pada saat awal memiliki dampak buruk bagi tanaman karena kadar keasaman abu vulkanik sekitar 4-4,3 yang akan mempengaruhi kesuburan tanah karena akan menurunkan kadar keasaman tanah. tetapi dalam jangka panjang, unsur yang terkandung di dalam abu vulkanik akan memberikan dampak yang sangat positif bagi peningkatan produktivitas tanah.

Seperti yang disebutkan diatas unsur yang paling dominan adalah silika, menurut beberapa sumber silicate memainkan peranan penting untuk memegang nutrien dan air dalam tanah. silicate dapat meningkatkan tahap “cation exchange capacity” (cec) di dalam tanah. ia mampu menyerap dan menyimpan pupuk yang ditaburkan ke atas tanah seperti potassium, calcium, magnesium, ammonia dan lain-lain nutrien agar tersedia apabila di perlukan oleh tanaman. cation exchange capasity (cec) adalah sukatan jumlah nutrien bercas positif yang dapat disimpan di dalam tanah liat dan humus. tanaman akan melepaskan ion hidrogen untuk ditukarkan dengan nutrien yang diperlukan seperti calcium, magnesium, dan potassium dari tanah liat atau humus.

Penggabungan pupuk kimia n.p.k dengan pupuk silikon mampu mengurangkan kehilangan nutrien akibat daripada pemeruwapan, larian permukaan dan larut resap. silicate juga dapat mengurangkan ancaman toksik aluminium dengan mengikatkan aluminium kepada bentuk aluminosilicate yang kurang bertoksik di dalam tanah.

Selain itu Silikat juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Semoga erupsi Gunung Kelud membawa berkah bagi petani


Berbagi sumber

No comments:

Post a Comment