Postingan Menarik

CARA SEDERHANA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL

CARA SEDERHANA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL
Tulisan:Tosin Glio

Dari hasil beberapa sumber termasuk temuan petani...
Seringkali kita menemukan kejadian walaupun benih yang kita gunakan tersebut telah bersertifikat dan berlabel namun setelah kita tanam hasilnya kurang memuaskan.


Langkah yang utama untuk membuat benih padi yang unggul adalah kita harus memiliki benih padi berlabel putih, benih dengan label putih bisa kita dapatkan di balai benih padi setempat. Seandainya kita kesulitan mendapatkan benih berlabel putih kita bisa juga menggunakan benih yang berlabel ungu. Benih berlabel ungu bisa kita dapatkan di kios-kios pertanian. Kebutuhan benih sekitar 25 Kg untuk lahan 1 ha.


Langkah yang kedua kita siapkan lahan untuk menanam padi tersebut. Lahan harus terisolasi dengan tanaman padi yang lain agar kemurniannya terjaga. Jarak antar lahan dan tanaman padi yang lain minimal 10 m. Atau paling enak kalau kita menanamnya berbeda waktu dengan tanaman padi yang lain. Terserah saja caranya yang penting jangan sampai waktu pembungaannya sama.


Sebelum benih label putih/ ungu kita semai, sebaiknya kita seleksi dulu dengan menggunakan air garam/ air abu.. Gunakan benih yang terendam dan jangan gunakan benih yang mengapung. Rendam dengan air hangat bersih selama 24 jam, rendam kembali dengan Kemudian dibilas air sampai kadar garam hilang, kemudian rendam dengan trichoderma,corynebadteirum,bacilus trunginsis nutrisi (+) dan tiriskan selama 24 jam pula. Namun jika calon akar belum ada 0,5 cm pemeraman bisa diperlama 24 jam lagi. 


Lahan pesemaian kita siapkan seperti biasa dengan luas kurang lebih 20 % dari luas lahan. Cara pembuatan bibit seperti padi biasa, hanya yang harus diperhatikan adalah media semai diolah dengan sebelumnya disemprot dgn Kemudian dibilas air sampai kadar garam hilang, kemudian rendam dengan trichoderma,corynebadteirum,pseaudomonas fluorencens ,bacilus trunginsis nutrisi (+) saat bibit padi umur 1 minggu sebaiknya kita beri nutrisi vegetatif 50% ,nutrisi generatif 50% secukupnya tujuan untuk menghindari stres pada saat pemindahan. Dan saat bibit satu minggu menjelang tanam sebaiknya kita aplikasi corynebacterium,beauveria,metharishium untuk mencegah opt, agar saat penanaman nanti tidak ada hama dan penyakit yang terbawa ke pertanaman.


Cara penanaman benih padi unggul yang baik adalah harus meperhatikan jarak tanam, yaitu jangan kurang dari 22 cm. Dan gunakan sistem tanam legowo maksimal 4:1. Tanam harus umur muda, kurang dari 18 hss. Saat pelaksanaan jangan terlalu dalam. Gunakan cara tanam jiwir 1-2 batang per lubang. Inilah kunci untuk meningkatkan produksi benih padi unggul.


Dalam pemeliharaan yang paling penting adalah pengairan yang berselang, yaitu pemberian air dan buang air sampai tanah agak mengering. Tanaman jangan selalu direndam air. Pemupukan gunakan nutrisi atau penamabahan NPK dan urea atau sesuaikan kebutuhan dengan menggunakan bagan warna daun. Pemupukan bisa diberikan 2 kali ataupun 3 kali.


Ketika tanaman benih padi unggul telah berbuah maka perlu dilakukan penyortiran, hal ini berguna untuk meningkatkan kemurnian benih. Penyortiran dilakukan dengan cara membuang/ memangkas bulir-bulir padi yang berbeda varietasnya. Pemangkasan juga dilakukan terhadap jenis gulma yang sefamili dengan padi.
Ada trik juga untuk memantapkan pengisian bulir, yaitu dengan cara menambahkan pupuk nutrisi (+) fase generatif corynebacterium dll ketika bulir padi telah masak susu. Hal ini berfungsi untuk memperlama proses pengisian dan memundurkan masa panen dan aman dari opt.


Pemanenan benih padi unggul dilakukan jangan bersamaan dengan tanaman padi konsumsi. Hal ini bertujuan agar supaya benih tidak tercampur dengan benih lain. Gunakan sabit yang bergerigi dan taruh potongan malai pada terpal atau karung bekas. Pemanenan dilakukan saat padi menguning sekitar 90 %.


Penjemuran calon benih padi unggul sebaiknya tidak dilakukan dilantai jemur, tapi harus diberi alas terpal atau anyaman bambu. Penjemuran sebaikknya dilakukan saat pagi hari sekitar jam 07.00 sampai jam 10.00 dan sore hari sekitar jam 14.30 sampai jam 17.00. Keringkan sampai kadar air sekitar 14-12 %. Sebelum digunakan untuk benih sebaiknya benih padi unggul dilakukan stagnasi dulu (disimpan dalam karung) sekitar 1-2 minggu. Setelah proses stagnasi bibit padi unggul siap digunakan. 

Mohon maaf jika ada kurang pasnya demi menjaga mutu dan kwalitas silahkan jika ada temen-temen yg lebih berpengalan untuk menyumbankan temuannya ini smua agar kita tidak ketergantungan dengan benih komersial.....

0 Response to "CARA SEDERHANA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL"

Poskan Komentar