Postingan Menarik

Bagaimana Menghasilkan Padi Kualitas Terbaik

menanam padiPertanian adalah sebuah proses panjang yang tergantung kepada banyak faktor, jadi ada pertanyaan tentang Bagaimana menghasilkan padi kualitas terbaik? mungkin hanya bisa dijawab dengan menceritakan detil tentang proses menanam padi. Yang akan saya ceritakan adalah pola bertani yang saya tahu dan biasa diterapkan oleh petani di desaku.

Dimulai dengan memilih benih bisa membeli dari toko pertanian atau menyisihkan sedikit hasil panen. jika menyiapkan benih dari hasil panen sendiri bisa dilakukan dengan memilih padi yang sudah benar-benar masak. yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan varietas yang sesuai dengan lahan dan musim. Misal untuk musim penghujan bisa menggunakan varietas ciherang meski anakan kurang tapi tahan rebah dan tahan hama, jika musim kemarau bisa pilih ir 64, umur lebih pendek untuk mengantisipasi kekurangan air. Untuk menentukan varietas yang tepat hanya bisa dilakukan berdasarkan pengalaman dan mencoba.

Benih yang baik harus disemai dengan cara yang baik, tebar benih di areal yang lebih luas untuk menghasilkan benih yang kuat perakaran yang banyak.
Selanjutnya adalah tentang olah tanah, meski kelihatan sederhana o;ah tanah memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan hasil panen. Selain harus gembur tanah harus rata, lahan yang rata memudahkan pengairan.
Benih padi yang sudah siap pindah harus segera ditanam setelah dicabut dan harus ditanam dengan posisi tegak jangan sampai batangnya tertekuk. Jarak tanam bisa berubah-ubah tergantung musim dan varietas. jika musim penghujan atau padinya merupakan varietas yang beranak banyak maka akan sangat bagus jika menggunakan jarak tanam yang agak renggang. dan jika musim kemarau dimana padi sulit beranak maka tanam dengan jarak yang rapat merupakan pilihan yang baik.

Setelah padi tumbuh pemupukan harus dilakukan dengan waktu, dosis dan komposisi yang tepat. Jika penerapan pupuk tidak tepat misal terlalu banyak unsur N (karena unsur ini harganya paling murah) maka berdasarkan pengalaman padi mudah terkena jamur dan mudah roboh saat musim penghujan.
Pengairan yang cukup juga menjadi kunci sukses pertanian padi. dalam hal ini drainase lahan juga sangat berpengaruh, meski padi merupakan tanaman yang butuh banyak air untuk tumbuh tapi jika drainase lahan kurang baik terlalu banyak air bisa mengganggu pertumbuhan tanaman padi.

Berdasarkan pengalaman penyiangan gulma merupakan pos pengeluaran terbesar dalam penanaman padi meski sekarang ada herbisida yang bisa semprotkan saat padi telah tumbuh. Tapi saya lebih suka mencegah gulma tumbuh, dengan cara jika olah tanahnya tepat (lahan bisa rata), satu bulan penggenangan bisa menekan jumlah gulma sampai kurang lebih 70 %.

Pengendalian hama penyakit dengan tepat dan menggunakan pestisida dengan bijak selain bisa mengefisienkan biaya produksi juga kita berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Selama tidak ada wabah dan tepat dalam memilih waktu tanam menurut saya hama bukanlah kendala yang harus ditakuti tapi tetap harus waspada dengan menerapkan pengawasan selama masa tanam.

Saya rasa itu sebagian faktor yang berpengaruh menentukan terhadap mutu hasil panen padi kita, jika ada bagian yang kurang detil karena memang pertanian adalah proses jadi akan selalu ada perubahan-perubahan kecil sesuai kondisi di lahan.



0 Response to "Bagaimana Menghasilkan Padi Kualitas Terbaik"

Poskan Komentar